Selasa, 30 Maret 2010

tentang pengecatan mobil

Langkah Tepat Memilih Cat untuk Repaint Bodi Luar Mobil

Stoving tahan goresan, Lacquer lebih mudah kusam.

Tampilan mobil bias mencerminkan pemiliknya.Untuk itulah warna bodi luar mobil berperan pantingdalam menentukan tampilan.
Memberi tampilan menarik pada mobil kesayangan anda dengan menonjolkan cat mobil merupakan cara yang cukup unik. Di zaman sekarang cukup banyak kita temui bengkel2 mobil yang khusus menyediakan layanan perawatan luar mobil, termasuk mengecatnya.
Itu membuktikan bahwa cat ulang mobil makin diminati. Namun sebelum memutuskan untuk mengecat ulang, beberapa hal yang perlu kita ketahui. Misalnya jenis2 cat yang akan dipakai.
Hanya ada 3 jenis cat yang biasa dipakai untuk repaint. Pertama cat stoving, cat yang dapat kering dengan oven atau bakar. Yang kedua adalah cat Urethane, yaitu cat yang kering dengan tambahan additive hardener, atau biasa disebut sebagai thinner.Cat yang terakhir adalah lacquer yang cepat kering, namun cepat juga menjadi kusam.
Di antara 3 jenis cat tersebut, menentukannya bergantung pada pilihan anda. Namun tentu saja jenis cat yang pertama ( stoving ) lah yang umumnya dipilih. Sebab kualitasnya paling bagus. Umumnya digunakan oleh bengkel2 yang mempunyai oven.
Repaint secara total terhadap mobil dipastikan membuat bodi mobil menjadi lebih keras. Dengan demikian, bodi lebih tahan terhadap goresan. Oleh karena itu biaya yang timbulpun juga tidak sedikit utnuk repaint.
Yang kedua adalah jenis Urethane. Jenis cat tersebut biasa dijadikan sebagai alternative utnuk repaint yang sedikit lebih murah dari system oven.Waktu yang dibutuhkan utnuk pengeringan cat pun cukup singkat, sekitar delapan jam, dengan sedikit tambahan additive hardener atau thinner.
Yang teakhir jenis cat lacquer. Jenis cat ini disarankan utnuk dihindari. Sebab hasil pengecata dengan bahan ini tidaklah seawet dengan dua jenis cat sebelumnya. Cat lacquer mudah menjadi kusam. Paling lama cat lacquer bertahan selama 2 tahun.
Nah setelah mandapat penjelasan mengenai cat mobil, silahkan putuskan untuk menggunakan pilihan cat yang sesuai dengan keingginan dan tentunya isi dompet anda. ( dikutip dari jawa pos, januari 2010 )

Tidak ada komentar: